7 GAme yang merubah wajah dunia - Forum Main My profile Registration Log out Login
Welcome Guest | RSS
Jumat
09 Des 2016
4:03 AM
..:::  Forum gratiss  :::..   "semuanya serba gratis di situs ini"
[ New posts · Members · Forum rules · Search · RSS ]
Page 1 of 11
Forum moderator: highwindz, cophyor 
Forum » Hobby » Games » 7 GAme yang merubah wajah dunia
7 GAme yang merubah wajah dunia
makanasiTanggal: Senin, 23 Feb 2009, 2:39 PM | Posting # 1
Major general
Group: Moderators
Total posting: 1438
Reputasi: 39
Status: Offline
Games Yang Mengubah Wajah Dunia !

Ribuan jenis video game dijual saat ini. Begitu menjadi tren, seri lanjutan game tersebut diproduksi. Bahkan, menginspirasi berbagai ragam barang dagangan, karya seni, film, iklan, dan musik. Tujuh jenis games berikut dinilai memberi pengaruh besar pada budaya populer masyarakat dunia saat ini.

1. Pong (1975)
Game ciptaan Allan Alcorn ini dibuat Atari Incorporated (Atari) pada 1975. Pong merupakan temuan pertama permainan layar grafis (arcade) bertema olahraga tenis dalam bentuk dua dimensi. Pemain harus mengalahkan musuh dengan mengumpulkan poin terbanyak. Pemain bisa dua orang atau melawan ‘pemain’ virtual di komputer. Tiga tahun sejak dirilis, home version Pong diproduksi. Antusiasme ditunjukkan konsumen, bermain video game di rumah pun menjadi budaya populer baru.

Berkat penjualan yang meroket, Pong bentuk portable juga dibuat. Nintendo mengikuti jejak dengan mengeluarkan TV berwarna Game 6 pada 1977 yang dilengkapi enam jenis permainan tenis elektronik. Pong menjadi referensi dan diparodikan dalam program televisi dan pameran kebudayaan Misalnya, serial komedi That ’70s Show, King of the Hill, dan Saturday Night Live. Serta menjadi referensi jenis games lainnya, Commodore 64 dan Banjo-Kazooie.

Pong menginspirasi seniman Prancis, Pierre Huyghe. Karyanya dipajang di Venice Biennale (2001) dan Museo de Arte Contemporáneo de Castilla y León (2007). Pada 2006, Pong diikutkan dalam pameran Game On di London Science Museum’s Game.

2. Pac-Man (1980)
Karakter video game Pac-Man tetap dikenal di antara serbuan karakter baru macam Lara Croft, Mario, dan Master Chief. Pac-Man (Pakkuman) adalah permainan grafis yang dikembangkan karyawan Namco, Toru Iwatani.

Pertama dirilis di Jepang pada 22 Mei 1980 dan didistribusikan di AS oleh Midway. Pac-Man langsung terkenal di AS dan menjadi ikon budaya populer pada 1980an. Setahun berikutnya, versi perempuan Pac-Man, Ms Pac-Man, dirilis dan juga mencetak popularitas.

Untuk mendapat poin, pemain mengendalikan Pac-Man melalui jalan berliku dengan memakan titik pac (pac-dots). Semua titik ini harus dimakan supaya bisa masuk ke tingkat berikutnya. Tantangan terjadi ketika empat hantu (Blinky, Pinky, Inky dan Clyde) berusaha menangkap Pac-Man. Jika salah satu hantu dapat menyentuh Pac-Man, maka satu nyawa akan hilang.

Permainan ini menjadi fenomena sosial sebab Pac-Man mengilhami berbagai jenis barang dagangan (kaus, mainan, hingga pasta), film serial animasi TV dan musik. Kala itu, Pac-Man harus bersaing dengan video game bertema perang luar angkasa seperti Space Invaders, Defender, atau Asteroids.

Namun, Pac-Man tetap mendapat tempat tersendiri bagi penggemarnya. Dibandingkan Pong, permainan ini lebih bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat. Selain itu, kesan lucunya menambah poin bagi Pac-Man.

3. Doom (1993)
Game perang sci-fi, Doom, adalah permainan komputer pionir yang bisa diinstal langsung dari id Software. Tepatnya, Doom di-upload pertama kali dan diperkenalkan kepada publik oleh server Universitas Wisconsin-Madison pada 10 Desember 1993.

Awal dirilis, permainan ini bisa dioperasionalkan untuk PC atau DOS saja. Namun, perkembangan mengejutkan terjadi. Akhirnya Doom dapat juga dinikmati di sembilan mesin game, PDA, dan mesin virtual Flash Player.

Desain grafis tiga dimensi yang digunakannya membuat posisi pemain seperti berhadapan langsung dengan musuh. Selain itu, Doom juga bisa dimainkan oleh beberapa orang (multiplayer).

Saking mudahnya diakses dan bersifat massa, banyak karyawan yang memainkannya di tengah kesibukan kantor. Intel, Lotus Development, dan Universitas Carnegie Mellon adalah instansi yang membuat aturan tidak boleh bermain video game selama jam kerja.

Game ini diinstal lebih dari 10 juta komputer selama dua tahun sejak dirilis. Serta diperkirakan melebihi penginstalan sistem operasi Microsoft Windows 95. Sayangnya, Doom memakai animasi negatif untuk memperkuat interaksinya dengan pemain. Seperti darah, karakter jahat, serta penembakan yang brutal. Ini membuat Doom sebagai permainan pertama yang menerapkan sistem deathmatch (tamat jika musuh mati).

4. Dance Dance Revolution (1998)
Apakah benar bisa menurunkan berat badan sambil bermain game? Tidak sebelum ada Dance Dance Revolution (DDR). Permainan ini menjadi terkenal di sekolah atau tempat olahraga, menyisihkan senam aerobik.

DDR diluncurkan Konami pada 21 November 1998 di Jepang. DDR adalah video game musik yang unik dengan melibatkan dansa dan ritme nada. Ketepatan waktu dan keseimbangan kedua kaki pemain adalah penentu kemenangan. Kekuatan DDR juga terletak pada 14 lagu yang mengiringi pemain berdansa.

Pada 10 April 1999, DDR versi PlayStation dirilis khusus di Jepang dengan tambahan fitur dan elemen musik. Namun, sebagai penyeimbangnya DDR SuperNova diproduksi pada 2006.

5. World Of Warcraft (2004)
World of Warcraft (WoW) adalah seri keempat fantasi Warcraft yang diproduksi Blizzard Entertainment pada 2004. Hebatnya, WoW menjadi games online yang bisa dimainkan beberapa orang sekaligus. Ilustrasi musik yang berperan mengaduk emosi pemain diproduksi dalam bentuk CD dengan format MP3.

WoW berhasil meraih penghargaan dari Guinness World Record karena menjadi games online multiplayer paling populer masa itu. Bayangkan saja, dalam sebulan terdapat 11,5 juta pemain yang mendaftar. Pada April 2008, WoW menguasai pasar hingga 62 persen. WoW terkenal di seantero dunia. Lebih dari 20 juta orang China memainkan games online, 1,5 juta di antaranya bermain WoW.

Perdagangan WoW sendiri sangat menggiurkan. Tercatat, transaksi tertinggi terjadi pada awal September 2007 dengan jumlah Rp 120 juta. Istilah WoW menginspirasi serial film kartun The Simpsons dan serial South Park. Bahkan episode South Park berjudul Make Love, Not Warcraft memenangkan pernghargaan Emmy Award. Serta diterbitkan DC Comics dengan judul World of Warcraft. Dua jenis board games juga terinspirasi dari WoW, yaitu World of Warcraft: The Board Game dan World of Warcraft: The Adventure Game.

6. Guitar Hero (2005)
Guitar Hero adalah video game musik yang dikembangkan Harmonix Music Systems dan diproduksi RedOctane untuk PlayStation 2. Pemain harus menyesuaikan nada yang tampil pada layar dengan menekan tombol pada gitar tiruan tipe Gibson SG.

Terdapat 47 lagu rock, 30 di antaranya merupakan lagu terkenal pada tahun 1960an hingga 2005. Misal Iron Man (Black Sabbath), Spanish Castle Magic (Jimi Hendrix), Bark at the Moon (Ozzy Osbourne), atau Fat Lip (Sum 41).

Hasil penjualan mencapai Rp 545 miliar pada 2005 dan 1,53 juta kopi dibeli konsumen. Berikutnya, permainan ini menjadi fitur di ponsel dan vesi portable Nintendo DS. Guitar Hero dan sekuelnya dianggap memicu keinginan remaja dan anak-anak untuk belajar gitar sesungguhnya.

7. Wii Sports (2006)
Wii Sports adalah permainan berupa simulasi lima cabang olahraga yang diproduksi Nintendo, yaitu tenis, baseball, bowling, golf, dan tinju. Wii Remote pada Wii Sports didesain untuk membaca gerakan pemain, seolah mereka benar-benar sedang berada di lapangan olahraga. Misalnya, mengayunkan raket tenis.

Pada Desember 2008, penjualan Wii Sports mencapai 40,5 juta unit di seluruh dunia. Permainan ini menjadi alat bersosialisasi bagi masyarakat. Para pensiunan dan warga yang sudah tua membentuk liga Wii Sports bowling. Bahkan, turnamen Wii Sports tenis dibuat di Australia dan New York, AS. Kini, seri Wii Sports dibuat dengan menyajikan varian berbeda, seperti Wii Play, Wii Fit, Wii Chess dan Wii Music

 
emozzzTanggal: Senin, 23 Feb 2009, 3:15 PM | Posting # 2
Colonel general
Group: Moderators
Total posting: 2854
Reputasi: 20
Status: Offline
cm 7 tok van ???
 
makanasiTanggal: Selasa, 24 Feb 2009, 4:16 PM | Posting # 3
Major general
Group: Moderators
Total posting: 1438
Reputasi: 39
Status: Offline
iyo katane...
wkwkwk...
 
Forum » Hobby » Games » 7 GAme yang merubah wajah dunia
Page 1 of 11
Search:


 Denny's Page © 2016
Make a free website with uCoz